PEMERIKSAAN URINE OLEH DINAS KESEHATAN KOTA DEPOK

Dalam rangka pencegahan masuknya NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif) di lingkungan sekolah, Dinas Kesehatan Kota Depok melakukan kunjungan ke SMP Negeri 8 Depok. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan SMP ke-16 dari seluruh SMP di Depok yang ditargetkan. Kunjungan ini guna mengambil sampel urine siswa untuk diuji kandungan dalam urine tersebut.

Sebelum melakukan pengambilan tes urine, siswa diberikan materi mengenai bahaya NAPZA yang sudah memasuki lingkungan sekolah. Adapun jenis NAPZA ialah ganja, heroin, morfin, kokain yang diketahui pada umunya berbentuk serbuk, obat, atau pun daun kering. Tetapi saat ini zat adiktif tersebut dapat beredar luas termasuk ke lingkungan sekolah dengan kemasan seperti makanan yang sering dikonsumsi, seperti berbagai bentuk permen. Hal ini yang membuat narkotika perlahan memasuki lingkungan sekolah. Anak bisa merasakan efek adiktif tanpa disadari kandungan yang terdapat pada permen tersebut.

Berkaitan hal tersebut siswa diminta lebih waspada lagi dalam membeli atau pun menerima barang dari orang asing. Karena jika sudah merasakan efek adiktif dari barang tersebut, butuh waktu untuk melepaskan diri dari jeratan adiktif narkotika. Selain kewaspadaan siswa, orang tua serta guru pun turut andil dalam pencegahan narkotika di lingkungan sekolah. Adapun berdasarkan sampel urine siswa yang telah diuji seluruh sampel memperoleh hasil negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *