PELAKSANAAN ANBK DI SMP NEGERI 8 DEPOK

Asasesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan bentuk baru dalam penilaian dan pengukuran mutu pendidikan serta evaluasi sistem pendidikan. Kebijakan ini mulai diberlakukan dalam kepemimpinan baru di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yaitu Nadiem Makarim. Hal ini tertuang dalam Pasal 46 ayat (8) Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan perlu mengatur ketentuan mengenai Asesmen Nasional.

Adapun tujuan dari Asesmen Nasional yaitu menghasilkan potret komprehensif yang berguna bagi sekolah atau madrasah dan Pemda untuk melakukan evaluasi diri dan perencanaan perbaikan mutu pendidikan. Guna mewujudkan tujuan tersebut terdapat kompetensi Asesmen Nasional yang terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. Dengan peserta dari siwa kelas (5, 8, 11), guru dan Kepala Sekolah.

Sebelum ANBK digelar, dilakukan kegiatan simulasi terlebih dahulu pada 30 Agustus – 2 September 2021. Kemudian dilanjut gladi bersih pada tanggal 3 – 4 September 2021 sebagai penutup. Pelaksanaan ANBK di lingkungan SMP khususnya SMP Negeri 8 Depok dilaksanakan pada 4 – 5 September 2021. Kegiatan tersebut dilakukan oleh siswa, guru dan Kepala Sekolah.

Jadi, Asesmen Nasional merupakan pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang sebelumnya dijadikan sebagai standar kelulusan siswa. Tetapi, saat ini Asesmen Nasional dibuat untuk menilai dan mengukur mutu pendidikan serta mengevaluasi sistem pendidikan, yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan mutu dan sistem pendidikan.

Sumber: Permendikbud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *