Get Adobe Flash player

SMP NEGERI 8 DEPOK

Peringatan Hari Kartini 2017

Kegiatan PTK SMPN 8 Depok

Try Out UN

try out

ID Pengguna = Latihan

Kata Sandi = Tryout

  • IMG-20160817-WA0005.png
  • IMG-20160817-WA0006.png
  • IMG-20160817-WA0008.png
  • IMG-20160817-WA0023.png
  • IMG-20160817-WA0025.png
  • IMG-20160817-WA0031.png
  • IMG-20160817-WA0032.png
  • IMG-20160817-WA0033.png
  • IMG-20160817-WA0034.png
  • IMG-20160817-WA0123.png
  • IMG-20160817-WA0128.png
  • IMG-20160817-WA0130.png
  • IMG-20160817-WA0158.png
  • IMG-20160817-WA0163.png
  • IMG-20160817-WA0164.png
  • IMG-20160817-WA0165.png
  • IMG-20160817-WA0168.png
  • IMG-20160818-WA0022.png

HARI AYAH


Hasil gambar untuk foto ayah

HARI AYAH

adalah hari untuk menghormati ayah. Sementara di Amerika, dan lebih dari 75 negara lain, seperti KanadaJermanItalia,JepangBelandaTurkiPakistanMalaysiaSingapuraTaiwanFilipina, dan Hongkong. 

dalam Hari Ayah atau Father’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni, dan dirayakan hampir di seluruh dunia yang dimulai pada awal abad ke-12. Biasanya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. Selain semua itu juga Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-laki Internasional atau International Men's Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap bulan 19 November.

 

Di Indonesia sendiri Hari Ayah dirayakan pada tanggal 12 November. Hari Ayah pertama kali dideklarasikan di Solo pada tahun 2006, di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Apa Itu GLS (Gerakan Literasi Sekolah)

Penjelasan Singkat Gerakan Literasi Sekolah (GLS)

Penjelasan Singkat Gerakan Literasi Sekolah (GLS) | Dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa, pemerintah melalui kemdikbud meluncurkan sebuah gerakan yang disebut Gerakan Literasi Sekolah. Gerakan ini bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembalajaran sepanjang hayat. 

Read more: Apa Itu GLS (Gerakan Literasi Sekolah)

MANFAAT REBUNG

19 Khasiat Rebung untuk Kesehatan

Khasiat Sehat | October 31, 2016 | Sayuran | 1 Comment

Rebung adalah bagian yang dapat dimakan dari pohon bambu. Rebung merupakan tunas muda yang tumbuh dari akar bambu. Penduduk Indonesia umumnya menggunakan rebung untuk berbagai makanan, seperti lumpia rebung, sayur rebung, lema, dan juga tepung yang terbuat dari rebung. Rebung memiliki tekstur lembut, renyah, memiliki rasa polos dan segar. Berikut artikel mengenai manfaat rebung untuk kesehatan.

Asal Usul Rebung

Tidak hanya di Indonesia, rebung juga menjadi salah satu tanaman yang paling berguna di dunia. Sebagian besar rebung telah dikonsumsi di negara-negara Asia seperti China, Korea, Jepang, Thailand, Filipina, India dan Nepal. Sejarah menyebutkan bahwa rebung telah dikonsumsi oleh orang-orang Cina sejak Dinasti Ming selama 1368M hingga 1644M dan dicatat dalam catatan Dinasti Tang pada 618M- 907M.

Sejarah orang China menyebutkan bahwa rebung dianggap sebagai “Raja Sayur” karena kelezatan dan manfaatnya bagi kesehatan. Rebung mengandung banyak nutrisi yang rendah kalori dan lemak. Selain itu juga mengandung  serat yang baik. Berikut ini beberapa manfaat rebung bagi kesehatan.

19 Manfaat Rebung untuk Kesehatan & Efek Sampingnya - Khasiat Sehat

Manfaat Rebung

Berikut 19 manfaat rebung untuk kesehatan :

1. Mengurangi Kolesterol

Rebung kaya akan serat berperan penting mengurangi kolesterol dalam darah. Mengkonsumsi rebung secara teratur dapat menurunkan LDL atau Low Density Lipoprotein yang dikenal sebagai lemak buruk. Sebuah studi yang dilakukan oleh Park dan Jhon dari Washington State University melaporkan bahwa rebung memiliki efek untuk mengurangi kadar kolesterol.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Fitonutrien yang terkandung dalam rebung memiliki peran penting dalam menjaga fungsi jantung. Menurut sebuah penelitian, pitosterol dan fitonutrien yang ditemukan pada rebung dapat menghambat kolesterol LDL terlarut dalam tubuh. Kolesterol ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Rebung juga mengandung kalium yang sangat penting untuk menjaga detak normal jantung.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Rebung yang rendah kalori dan lemak juga tinggi serat sangat cocok bagi mereka yang sedag mencoba untuk menurunkan berat badan. Serat yang tinggi dalam rebung dapat membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama sehingga Anda tidak akan mudah merasa lapar.

4. Melawan Kanker

Fitonutrien yang ada dalam rebung dapat bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang akan mencegah tubuh dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas karena stres oksidatif dapat menyebabkan kerusakan DNA dan kemudian menyebabkan kanker.

5. Mengurangi Peradangan

Rebung dapat mengurangi sebagian besar peradangan dalam tubuh karena mengandung sifat anti-inflamasi. Mengkonsumsi rebung secara teratur dapat mencegah Anda dari peradangan yang disebabkan oleh beberapa infeksi akibat bakteri, virus atau faktor lainnya.

6. Meringankan Sembelit

Serat efektif untuk meringankan sembelit. Serat bambu dapat melembutkan feses sehingga feses akan melewati usus besar lebih mudah dan meringankan sembelit.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Rebung mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dalam melawan beberapa penyakit. Antioksidan dalam rebung jua dapat memperkuat sel sehingga mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh.

8. Meringankan Penyakit Pernafasan

Rebung memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit pernapasan terutama yang terjadi pada saluran atas sistem pernapasan. Air yang digunakan untuk merebus rebung juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan dan batuk jika dicampur dengan madu.

9. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat dalam rebung berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan yang sehat. Serat juga berperan meningkatkan gerakan usus dan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

10. Mengurangi Peradangan pada Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah gangguan di saluran kemih yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Rebung memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada saluran kemih.

11. Menurunkan Tekanan Darah

Serat yang terkandung dalam rebung juga memberikan efek menurunkan tekanan darah. Selain itu, rebung juga mengandung kalium yang akan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh dan menjaga tekanan darah normal.

12. Membersihkan Luka

Makan rebung secara teratur dapat mempercepat penyembuhan luka karena adanya sifat anti inflamasi yang terkandung didalamnya. Vitamin dan mineral dari rebung juga meningkatkan regenerasi sel kulit baru dan membersihkan luka.

13. Menjaga Kesehatan Kulit

Rebung mengandung vitamin E yang memberikan manfaat besar bagi kulit. Vitamin E adalah antioksidan yang dapat mencegah kerusakan efek radikal bebas pada tubuh terutama kerusakan yang terjadi pada kulit. Radikal bebas juga merupakan salah satu penyebab penuaan kulit. Jadi jika Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan muda, makan rebung bisa menjadi pilihan yang baik.

14. Mencegah Aterosklerosis

Dengan efeknya yang dapat mengurangi kolesterol, rebung juga dapat mencegah akumulasi kolesterol di dinding pembuluh darah khususnya arteri. LDL atau lemak buruk adalah penyebab utama dari penebalan arteri atau aterosklerosis dan faktor utama yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

15. Mencegah Diabetes

Serat yang tinggi dalam rebung dapat menunda penyerapan gula ke dalam darah sehingga dapat menjaga kenormalan tingkat gula darah setelah makan karena tingginya tingkat gula darah akan sangat berbahaya dan dapat menyebabkan resistensi insulin yang mengarah pada pengembangan diabetes. Makan rebung sangat dianjurkan bagi pasien diabetes.

16. Melawan Infeksi Jamur

Rebung tidak hanya mengandung sifat anti-inflamasi tetapi juga mengandung anti-jamur yang efektif untuk menyembuhkan penyakit atau masalah kulit yang disebabkan oleh jamur.

17. Menjaga Metabolisme

Rebung mengandung mangan yang ikut berperan dalam pembentukan beberapa enzim metabolik. Makan rebung dapat membantu mempertahankan metabolisme normal.

18. Kesehatan Tulang

Rebung mangandung kalsium yang penting untuk menjaga tulang dan mencegah osteoporosis. Bahkan walaupun mengkonsumsi rebung dalam jumlah sedikit, dapat menambah asupan kalsium bagi tubuh.

19. Mencegah Anemia

Zat besi adalah mineral yang diperlukan dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia (suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang akan mempengaruhi transportasi oksigen ke seluruh tubuh). Rebung mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia.


Efek Samping Rebung

Jika Anda mengkonsumsi rebung, rebuslah secara menyeluruh selama sekitar setengah jam di dalam air garam. Hal ini akan membantu menghilangkan rasa mentah, membunuh kuman, bakteri, dan racun. Ada varietas tertentu dari rebung yang tidak baik untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran, sehingga ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsi rebung.

Beberapa orang bisa saja alergi terhadap rebung, terutama apabila digunakan sebagai krim wajah. Sehingga segera konsultasikan kepada dokter apabila mulai muncul ruam setelah menggunakan rebung sebagai krim wajah.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa rebung memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat rebung untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Asam Jawa serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat rebung :

  • drhealthbenefits.com/food-bevarages/vegetables/health-benefits-of-bamboo-shoot
  • www.home-remedies-for-you.com/herbs/bamboo-herb.html
  • id.m.wikipedia.org/wiki/Rebung

 

Mengenal Jurusan SMK

 

Ujian Nasional tinggal menghitung mundur. Pelaksanaannya di bulan April nanti menjadi ujian penentuan bagi setiap tingkatan sekolah untuk maju ke level yang lebih tinggi, tidak terlepas dari para pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bagi setiap pelajar SMP, pasca Ujian Nasional (UN) ada satu tahap lagi yang menentukan yaitu memilih SMA atau SMK.

Jika di SMA penjurusan akan dilakukan setelah setahun melalui pendidikan dasar di kelas 10 maka beda lagi di SMK. Di SMK penjurusan akan langsung dilakukan sejak pertama kali murid mendaftar. Untuk itu bagi kamu yang bingung mau pilih jurusan apa di SMK, berikut adalah 15 jurusan smk yang menjanjikan masa depan.

Read more: Mengenal Jurusan SMK

Kegiatan Doa Bersama & AKSI 2017 SMP N 8 Depok

(03/30/17) –  Pada tanggal 30 bulan Maret 2017, SMP Negeri 8 Depok mengadakan acara tahunan Ajang Kreasi Seni Islami (AKSI DELAPAN) yang diadakan oleh Ekstrakurikuler Rohis.

 

Dalam Kegiatan ini juga dilaksanakan pembekalan spiritual menjelang US, USBN, UN, UKK. Disini para siswa diajak untuk doa bersama agar kegiatan ulangan berjalan lancar dan dimudahkan saat ulangan berlangsung. Diikuti dengan Sholat dhuha bersama, Tausyiah, Dzikir, dan Muhasabah.

 Setelah itu kegiatan AKSI dibuka dengan Hadroh oleh Tim Hadroh SMP 8 dan Tarian Saman dari Aceh yang ditampilkan oleh anggota saman .

 

Dilanjutkan dengan wisuda one day one ayat. Yaitu bagi para siswa/i yang telah lulus hafalan surat. Para siswa menerima sertifikat atas kelulusannya. Lalu Acara ditutup dengan pengumuman para pemenang lomba Rohis Mencari Bakat yang telah dilaksanakan dua minggu sebelumnya. (18/04/17)