Get Adobe Flash player
UN Tingkat SMP akan dilaksanakan pada tanggal 4 s.d 7 Mei 2015 +++

SMP NEGERI 8 DEPOK

Login Form

Peringatan Hari Kartini 2017

Kegiatan PTK SMPN 8 Depok

Try Out UN

try out

ID Pengguna = Latihan

Kata Sandi = Tryout

wikipedia

 

 

Follow Us

   

Dinas Kota Depok


  • IMG-20160817-WA0005.png
  • IMG-20160817-WA0006.png
  • IMG-20160817-WA0008.png
  • IMG-20160817-WA0023.png
  • IMG-20160817-WA0025.png
  • IMG-20160817-WA0031.png
  • IMG-20160817-WA0032.png
  • IMG-20160817-WA0033.png
  • IMG-20160817-WA0034.png
  • IMG-20160817-WA0123.png
  • IMG-20160817-WA0128.png
  • IMG-20160817-WA0130.png
  • IMG-20160817-WA0158.png
  • IMG-20160817-WA0163.png
  • IMG-20160817-WA0164.png
  • IMG-20160817-WA0165.png
  • IMG-20160817-WA0168.png
  • IMG-20160818-WA0022.png
Apa Itu GLS (Gerakan Literasi Sekolah)

Apa Itu GLS (Gerakan Literasi Sekolah)

Penjelasan Singkat Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Penjelasan Singkat Gerakan Literasi...

Mengenal Jurusan SMK

Mengenal Jurusan SMK

  Ujian Nasional tinggal menghitung mundur. Pelaksanaannya di bulan April nanti menjadi...

PEMANASAN GLOBAL

PEMANASAN GLOBAL

Penyebab pemanasan global Efek rumah kaca Segala sumber energi yang terdapat di Bumi...

TIPS MEMILIH SEKOLAH

TIPS MEMILIH SEKOLAH

10 Tips Greget Memilih SMA / SMK, Terarah dan Tepat Sasaran! Assalamualaikum Wr. Wb. Kamu...

Autism Spectrum Disorder

Autism Spectrum Disorder

AUTISM SPECTRUM DISORDER   Seperti yang disampaikan di artikel sebelumnya, kali ini kita akan...

PERLINDUNGAN PROFESI GURU

PERLINDUNGAN PROFESI GURU

Dalam rumusan Pasal 1 ayat (1) Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dikatakan...

Pendidikan Inklusif

Pendidikan Inklusif

 APA SIH “PENDIDIKAN INKLUSI” ITU??   Sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar 1945 pasal 31...

UNBK di SMPN 8 Depok

Sesuai surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI no 01 tahun 2017 serta Permendikbud No 3...

Rohis

  Rohis Baitul Ilmi Ikuti Pekan Maulid OSIS MAN 13 Jakarta     Rohis Baitul Ilmi SMP Negeri...

  • Apa Itu GLS (Gerakan Literasi Sekolah)

    Apa Itu GLS (Gerakan Literasi Sekolah)

    Tuesday, 18 April 2017 11:11
  • Mengenal Jurusan SMK

    Mengenal Jurusan SMK

    Tuesday, 18 April 2017 08:08
  • PEMANASAN GLOBAL

    PEMANASAN GLOBAL

    Monday, 17 April 2017 07:10
  • TIPS MEMILIH SEKOLAH

    TIPS MEMILIH SEKOLAH

    Monday, 17 April 2017 14:57
  • Autism Spectrum Disorder

    Autism Spectrum Disorder

    Monday, 17 April 2017 14:23
  • PERLINDUNGAN PROFESI GURU

    PERLINDUNGAN PROFESI GURU

    Monday, 17 April 2017 14:17
  • Pendidikan Inklusif

    Pendidikan Inklusif

    Monday, 17 April 2017 13:59
  • UNBK di SMPN 8 Depok

    Monday, 17 April 2017 07:11
  • Rohis

    Saturday, 08 March 2014 00:28

TIPS MEMILIH SEKOLAH

10 Tips Greget Memilih SMA / SMK, Terarah dan Tepat Sasaran!


Assalamualaikum Wr. Wb.
Kamu siswa / siswi SMP sederajat yang mau masuk SMA / SMK? Tapi masih bingung milih SMA atau SMK? Plus bingung pilih sekolah mana? 

Jangan khawatir, postingan Asymmetrical Life mengangkat topik yaitu tips memilih SMA / SMK / sederajat yang baik, terarah, dan tepat sasaran. 
Sebagaimana kita ketahui, pendidikan menjadi hal yang sangat penting dan krusial bagi masyarakat. Pendidikan yang kita tempuh saat ini akan membentuk pribadi dan jalan hidup kita ke depannya. Oleh karena itu, jangan sampai salah dalam memilih sekolah lanjutan.

Di bawah ini ane sudah menyiapkan beberapa tips – tips yang bisa dicoba, langsung ya!

 

1. Diskusikan dengan Orang Tua

Orang tua selalu menginginkan dan tahu apa yang terbaik untuk putra – putrinya. Bagi kamu yang akan lulus dan memilih sekolah yang lebih tinggi, diskusikan baik – baik dengan orang tua dan dengarkan nasehat dan sarannya. Ingat, ridho Allah tergantung ridho orang tua lho!

2. Shalat Istikharah

Bagi kawan yang beragama Islam, alangkah baiknya jika menyempatkan diri untuk melakukan shalat Istikharah karena Insya Allah dengan ditunaikannya shalat ini, Allah akan memberikan petunjuk yang terbaik bagi hamba – Nya. Jangan lupa berdoa ya dan minta petunjuk agar diberikan jalan dan kemudahan

3. Lihat Passion Kamu

Kamu suka dengan hal – hal berbau komputer? Atau suka dengan kegiatan memasak? Bahkan terkagum – kagum dengan laboratorium? Udah pasti dan udah jelas, masuk SMK lah! Lain ceritanya kalau kamu mamang belum menentukan passion dan minat kamu, ya kamu bisa ambil SMA.

4. Pertimbangkan Biayanya 

Sebenarnya saya percaya bahwa rezeki sudah ada yang mengatur, meskipun sendainya saya berasal dari keluarga kurang mampu tapi kalau Allah berkehendak saya sekolah di sekolah elit maka kita sebagai manusia ya harus ikuti karena itulah kehendak Allah dan itulah yang terbaik buat kita. Tapi ingat, tugas manusia adalah berusaha, jadi kita tetap harus mempertimbangkan dan memperhitungkan biayanya. Oh iya, kamu gak perlu malu seandainya orang tua kamu harus pinjam untuk biayai sekolah kamu. Ingat tugas kita sebagai anak dan sebagai pelajar adalah BELAJAR dengan baik dan tekun. Tunjukkan kepada orang tua kita bahwa perjuangan beliau tidak sia – sia!

5. Tentukan Mau Kuliah atau Kerja 

"Kan baru nentuin SMA / SMK / sederajat, Cup? Kenapa harus milih kerja atau kuliah?"

SMA dan SMK memiliki spesifikasi yang berbeda. SMA dirancang khusus untuk melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi lagi yaitu perguruan tinggi, sedangkan SMK memang diperuntukkan untuk bekerja dan mandiri. Kalau seandainya kamu memang berniat kuliah, pilih SMA akan lebih baik dibandingkan SMK. Tapi bukan berarti lulusan SMK gak bisa kuliah ya? Banyak kok yang sudah membuktikan!

6. Tanamkan Niat Yang Benar Untuk Sekolah 

Maksudnya apa? Jangan cuma sekolah ngincer ijazah, yang penting lulus, masa depan gimana nanti aja. Buang jauh – jauh pikiran itu. Intinya cari sekolah yang bener – bener memfasilitasi kamu untuk belajar dan menimba ilmu, dan tentunya dilingkupi atmosfer yang baik pula. Dengan mind set yang benar, maka Insya Allah pikiran kita akan dibuka dan dicerahkan - Nya.

7. Daftar di Banyak Sekolah 

Sistem masuk SMA / SMK favorit saat ini umumnya berdasarkan seleksi rapor, NEM, atau hasil testing. Untuk itu kamu perlu buat skala prioritas, dengan berbagai pilihan. Pilihan pertama udah pasti yang bener – bener kamu inginkan, pilihan kedua udah jelas yang kamu inginkan, pilihan ketiga juga pasti yang kamu inginkan juga. Jadi seandainya kamu menerima kemungkinan terburuk ga keterima di pilihan pertama, kamu masih punya pilihan kedua dan ketiga kan? Untuk antisipasi aja gan.

8. Cari Info Sebanyak – Banyaknya 

Biasanya kita bisa menanyakan masalah ini kepada guru BP / BK, beliau – beliau sudah sangat berpengalaman untuk urusan yang satu ini. Selain dari guru BP / BK, kamu bisa juga memanfaatkan dunia internet. Saat ini informasi dengan sangat mudahnya bisa ditemukan di internet bukan? Manfaatkanlah dunia internet untuk hal positif, seperti yang satu ini. Telusuri sejarah, sepak terjang, riwayat, dan yang terpenting adalah telusuri ALUMNI-nya, karena alumni kemungkinan besar adalah gambaran dari kualitas sekolah itu sendiri.

Selain mencarinya lewat guru BP / BK dan media massa, kamu bisa juga tanya – tanya ke kakak kelas yang sekolah di SMA / SMK idaman kamu. Tanya – tanya mengenai pendaftarannya, seleksi raport / NEM, seleksi testing, sampe pengalaman dan kesan mereka menjadi bagian sekolah tersebut. Perhatikan detailnya ya, jangan sampai ada yang terlewat.

9. Finishing / Eksekusi Yang Baik 


Jika kamu sudah mempersiapkan semua hal di atas, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah tahap finishing atau eksekusi! Jika kamu seleksi lewat raport, maka perbaguslah nilai raport kamu dengan cara yang baik. Jika kamu seleksi lewat tes tertulis, maka belajarlah dengan giat. Dan ingatlah Allah agar kamu beruntung ya!

10. Cari Cara Kamu Sendiri

Setiap orang pasti punya cara sendiri untuk menggapai sukses, begitu pula ente. Bisa jadi cara yang ente pake lebih baik daripada tips yang ada di atas.

Sebagai penutup, ane mau menyampaikan pepatah dan prinsip yang ane pegang, bahwa emas tetaplah emas di mana pun ia berada. Artinya prestasi kamu tidak sepenuhnya ditentukan oleh sekolah dan tempat belajarmu, tapi itu kembali lagi ke niat dan passion kita untuk belajar. Seandainya kamu sekolah di tempat yang biasa – biasa aja tapi semangat dan usaha kamu keras, saya yakin hasilnya pun akan baik. Begitu pula sebaliknya, jika kamu sekolah di tempat bagus dengan rasa mager dan ogah – ogahan, saya yakin hasilnya pun kurang memuaskan.

Semoga Allah menjadikan diriku dan Indonesia menjadi lebih baik lagi, Aamiin.

 

Sumber : http://noerarifinyusuf.blogspot.com/2016/03/10-tips-greget-untuk-memilih-sma-smk.html