Sidik Jari Pada Koala

koala mempunyai sidik jari?   

Kamu tahu koala kan? Ini adalah hewan marsupialia yang tinggal pohon. Nah, koala ini ternyata memiliki sidik jari hampir identik dengan sidik jari manusia. 

Sudah lama ilmuwan bertanya dan berdebat, apa sebetulnya manfaat dari sidik jari itu bagi hewan berkantung tersebut. 

Sidik jari pada koala ditemukan pada 1996 oleh tim ahli anatomi dari Universitas Adelaide di Australia. Kegunaan sidik jari itu diduga ada hubungannya dengan perilaku makan hewan itu. 




Jadi, menurut peneliti, koala makan dengan memanjat secara vertikal ke cabang-cabang terkecil di pohon eucalyptus dan menjangkau serta memasukkan daun ke mulutnya. 

Sidik jari adalah bentuk adaptasi biomekanik koala untuk menggenggam. Sidik jari membantu koala merasakan kontrol yang baik pada gerakan dan tekanan, ketika dia menjangkau daun-daun di pucuk pohon. 

Hal yang menarik, adanya sidik jari pada koala adalah bentuk adaptasi yang unik dalam pohon evolusi. Sebab pohon kehidupan antara koala dan primata yang memiliki sidik jari (seperti simpanse dan gorilla), terpisah 70 juta tahun yang lalu.

Ilmuwan memperkirakan, koala mengembangkan sendiri adaptasi berbentuk sidik jari itu pada era yang lebih muda. Sebabnya, kerabat terdekat koala, seperti wombat dan kanguru, tak punya sidik jari. -

Article source : http://student.cnnindonesia.com/edukasi/20160421155654-317-125637/koala-memiliki-sidik-jari-seperti-manusia/